Siti Aqlima, 201003034 (2025) Kreativitas Guru PAI dalam Pengembangan Media Pembelajaran Praktik Ibadah di SMAN Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Kreativitas Guru PAI dalam Pengembangan Media Pembelajaran Praktik Ibadah di SMAN Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis Siti Aqlima (201003034) revisi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Guru merupakan salah satu pendidik yang berperan penting dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik, sehingga guru dituntut untuk meningkatkan kreativitas dalam proses belajar mengajar. Salah satunya melalui pengembangan media yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) kreativitas guru PAI dalam pengembangan media pembelajaran praktik ibadah dan faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru PAI dalam pengembangan media pembelajaran praktik ibadah di SMAN Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini secara random terdiri dari dua orang guru PAI di SMAN Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru PAI dalam pengembangan media pembelajaran praktik ibadah ditinjau dari beberapa media pembelajaran yang dikembangkan yaitu (a) media audio bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendengar dan mengevaluasi dari apa yang telah didengar dari bacaan yang diputar dalam rekaman. (b) media cetak /visual/gambar menggunakan bahan dasar kertas karton dengan menempelkan gambar terkait materi. (c) media audio visual dilakukan melalui proses modifikasi dari beberapa video di youtube serta melalui pembuatan video secara langsung. Faktor pendukung kreativitas guru PAI dalam pengembangan media pembelajaran praktik ibadah yaitu (a) tersedianya prasarana (gedung laboratorium dan mushalla), (b) kemampuan guru dalam memahami komputer, (c) adanya program pelatihan guru dan, (d) untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih kondusif dan aktif. Faktor penghambat kreativitas guru PAI dalam pengembangan media pembelajaran praktik ibadah yaitu (a) kurangnya ketersediaan bahan-bahan dalam membuat media, (b) kurangnya ketersedian sarana dan prasarana yang mendukung, (c) Rendahnya penguasaan komputer dapat menghambat guru dalam merancang media berbasis komputer dengan variansi dan beragam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Aqlima A |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 02:22 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 02:22 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40653 |