Teuku Mahruzal, 200204020 (2025) Pengembangan Ensiklopedia Peralatan Laboratorium Fisika Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Tingkat SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Teuku Mahruzal, 200204020, FTK, PFS, 082260236958.pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Teuku Mahruzal, 200204020, FTK, PFS, 082260236958.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pengetahuan tentang fungsi dan cara kerja peralatan fisika juga menjadi hambatan dalam mencapai pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep fisika yang diajarkan. Peserta didik merasa kurang percaya diri dalam menggunakan peralatan fisika, terutama yang bersifat lebih kompleks. Untuk mengatasi hal ini maka dilakukan pengembangan ensiklopedia peralatan laboratorium fisika agar dapat digunakan sebagai sumber belajar pendukung dalam memahami peralatan laboratorium fisika. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu: Mendesain ensiklopedia peralatan laboratorium fisika sebagai sumber belajar peserta didik tingkat SMA/MA dan Menguji kelayakan ensiklopedia peralatan laboratorium fisika sebagai sumber belajar peserta didik tingkat SMA/MA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research And Development) dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (Dessiminate). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media. Hasil penelitian diperoleh dengan menghitung persentase nilai dari 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Hasil desain ensiklopedia peralatan laboratorium fisika sebagai sumber peserta didik sudah menerapkan dari tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), dan tahap pengembangan (develop). Hasil kelayakan menunjukkan bahwa ensiklopedia peralatan laboratorium fisika sudah memenuhi kategori sangat layak. Hal ini ditentukan berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dengan persentase sebesar 96,59% dan ahli media diperoleh persentase sebesar 96,13%, sehingga kedua hasil validasi tersebut termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ensiklopedia peralatan laboratorium fisika sebagai sumber belajar peserta didik tingkat SMA/MA sangat layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Teuku Mahruzal |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 02:23 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 02:23 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40676 |