M. Hafiz, 200209151 (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Breathing Cartoon dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa di MIN 21 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Breathing Cartoon dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa di MIN 21 Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Final (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (12MB)
Abstract
Berdasarkan analisis kebutuhan di MIN 21 Aceh Besar bahwasanya belum tersedianya media yang sesuai dan realistis untuk menjelaskan materi sistem pernapasan pada manusia dan untuk soal, guru masih menggunakan soal tingkat rendah (Lower Order Thingking Skill). Sebab itulah, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis breathing cartoon serta melihat efektivitasnya produk yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thingking Skill) siswa di MIN 21 Aceh Besar melalui respon guru dan respon siswa dengan jenis penelitian yang digunakan Reserch and Development (RnD) dengan model Borg and Gall. Maka, hasil yang diperoleh dari 2 validator media dengan nilai sebesar 97% dengan kategori sangat layak dengan respon guru memperoleh hasil sebesar 84,6% dengan kategori sangat menarik, sedangkan, hasil respon siswa memperoleh hasil sebesar 95,33% dengan kategori sangat menarik dengan hasil pretest dan posttest yang diperoleh dari siswa kelas V menggunakan media pembelajaran breathing cartoon, 12 siswa memperoleh nilai di atas 90 dengan kriteria N-gain tinggi (g>0,7), 5 siswa yang memperoleh nilai dengan kriteria N-gain sedang (0,3<g<0,7) dengan skor rata-rata N-gain yaitu 0.81 (81,41%) dengan kriteria sangat efektif. Maka, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis breathing cartoon sangat layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa dikelas V.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | M. Hafiz Surya |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 02:53 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 02:53 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40712 |