Rodja Faturrahman, 180901093 Perbedaan Efikasi Diri Akademik Untuk Melanjutkan Kuliah Di Perguruan Tinggi Di Tinjau Berdasarakan Jenis Kelamin Pada Siswa SMA 14 Di Banda Aceh. Perbedaan Efikasi Diri Akademik Untuk Melanjutkan Kuliah Di Perguruan Tinggi Di Tinjau Berdasarakan Jenis Kelamin Pada Siswa SMA 14 Di Banda Aceh.
![[thumbnail of Skripsi Rodja Faturrahman fix.pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Rodja Faturrahman fix.pdf
Download (3MB)
Abstract
Akhir-akhir ini minat untuk melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi semakin
menurun diantara siswa merasa enggan untuk melanjutkan Pendidikan, siswa merasa akan lebih menguntungkan untuk segera mendapatkan pekerjaan, perkuliahan membutuhkan fokus dan atensi siswa untuk belajar dan mengerjakan tugas hingga selesai, hal ini pula yang membuat siswa kurang tertarik untuk melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efikasi diri akademik untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi ditinjau berdasarkan jenis kelamin pada siswa SMA 14 di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Sampling sebanyak 143 murid. Berdasarkan analisis uji nilai Independent Samples t-test yaitu 8,544 dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,004 (p<0,05), yang artinya bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara self efficacy pada siswa laki-laki dan self efficacy pada siswa perempuan. Hasil kategorisasi menunjukkan bahwa sebanyak 14 orang siswa perempuan memiliki self efficacy yang tinggi. Sedangkan siswa laki-laki berjumlah 9 orang. Hal ini menunjukkan bahwa self efficacy yang dimiliki oleh siswa perempuan di SMA 14 lebih tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.5 Psikologi Kawula Muda Usia 12 sampai 20 Tahun |
Depositing User: | Rodja Faturrahman Rodja |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 03:48 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 03:48 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40722 |