Penerapan Metode Inkuiri Dengan Menggunakan Film Kartun Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa (Studi Eksperimen Di MTsN 4 Banda Aceh)

M.Syifa Al-Musyarraf, 210202073 (2025) Penerapan Metode Inkuiri Dengan Menggunakan Film Kartun Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa (Studi Eksperimen Di MTsN 4 Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Inkuiri Dengan Menggunakan Film Kartun Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa (Studi Eksperimen Di MTsN 4 Banda Aceh)] Text (Penerapan Metode Inkuiri Dengan Menggunakan Film Kartun Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa (Studi Eksperimen Di MTsN 4 Banda Aceh))
M.Syifa Al-Musyarraf, 210202073, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Setelah peneliti melakukan wawancara dengan pihak sekolah bahasa Arab pada tanggal 1 Juni 2024 di sekolah tersebut dan menemukan permasalahan bahwa sebagian besar siswa tidak mampu menyimak pembicaraan bahasa Arab dengan baik، dan sebagian besar dari mereka tidak menguasai kosakata baru maupun lama، fenomena ini terjadi karena kurangnya minat siswa dalam pembelajaran bahasa Arab، dan penyebab dari permasalahan tersebut adalah guru tidak menggunakan metode dalam proses pengajaran، karena guru tidak menggunakan metode lama dan tidak menggunakan metode film dalam keterampilan menyimak، sehingga membuat para siswa merasa bosan، mengantuk، dan kurang tertarik dengan materi dengan kurangnya pemahaman di dalamnya. Berdasarkan masalah tersebut، peneliti ingin menyelidiki penerapan metode inkuiri dengan menggunakan film kartun untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode inkuiri film kartun untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa di MTsN 4 Banda Aceh، dan untuk mengetahui respon siswa dalam penerapan metode inkuiri film kartun di MTsN 4 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan one group pre-test-post-test desain. Peneliti menggunakan tes dan kuesioner/angket untuk mengumpulkan data. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di MTsN 4 Banda Aceh untuk tahun ajaran 2024-2025 dengan 595 siswa، dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa di kelas 8 (5) sekolah menengah dan jumlah siswa di kelas ini mencapai 34 siswa. Hasil dari skripsi ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode inkuiri dengan menggunakan film kartun efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa yang ditunjukkan dengan hasil uji wilcoxon dengan tingkat signifikansi (p-value) / sig. (2-tailed) 0.000، yang lebih kecil dari 0.05، dan hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. 2) Respon siswa dalam penerapan metode inkuiri dengan menggunakan film kartun efektif untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa adalah positif dengan persentase 94%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: M.Syifa Al-Musyarraf
Date Deposited: 08 Jan 2025 02:48
Last Modified: 08 Jan 2025 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40750

Actions (login required)

View Item
View Item