Penerapan Metode Jarimatika Berbantuan Media Replika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV MIN 3 Banda Aceh

Syifa Zia Muharni, 210209041 (2025) Penerapan Metode Jarimatika Berbantuan Media Replika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV MIN 3 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Metode Jarimatika Berbantuan Media Replika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV MIN 3 Banda Aceh] Text (Penerapan Metode Jarimatika Berbantuan Media Replika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV MIN 3 Banda Aceh)
Skripsi-Syifa_Zia_Muharni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (31MB)

Abstract

Kendala yang dihadapi peserta didik meliputi kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan dan juga mengingat kembali perkalian yang telah diajarkan, sehingga mempengaruhi kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal matematika. Rumusan dari penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru dalam penerapan metode jarimatika berbantuan media replika pada mata pelajaran matematika di kelas IV MIN 3 Banda Aceh? bagaimana aktivitas peserta didik dalam penerapan metode jarimatika berbantuan media replika pada mata pelajaran matematika di kelas IV MIN 3 Banda Aceh? bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode jarimatika berbantuan media replika di kelas IV MIN 3 Banda Aceh? jenis metode penelitian tindakan kelas ini melibatkan 40 peserta didik. Aktivitas guru meningkat dari 69,31% pada siklus I menjadi 78,40% pada siklus II, dan mencapai 90,90% pada siklus III. Sementara itu, aktivitas peserta didik meningkat dari 62,61% pada siklus I menjadi 76,90% pada siklus II, dan akhirnya mencapai 90,47% pada siklus III. Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, dari 67,5% pada siklus I menjadi 77,5% pada siklus II, dan mencapai keberhasilan pada siklus III dengan persentase ketuntasan 90%. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan metode jarimatika berbantuan media replika terbukti berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV MIN 3 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syifa Zia Muharni Syifa
Date Deposited: 08 Jan 2025 02:53
Last Modified: 08 Jan 2025 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40754

Actions (login required)

View Item
View Item