Pengaruh Brand Image, Word of mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone iPhone di Kota Banda Aceh (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)

Mardiana, 190604003 (2024) Pengaruh Brand Image, Word of mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone iPhone di Kota Banda Aceh (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry). Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Brand Image, Word of mouth, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian iPhone] Text (Brand Image, Word of mouth, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian iPhone)
Mardiana, 190604003, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Bagi mahasiswa memiliki iPhone menjadi semacam simbol status yang dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka di lingkungan kampus. Namun, tidak sedikit pula mahasiswa yang mempertimbangkan aspek fungsional iPhone sebelum memutuskan melakukan pembelian iPhone sebagai perangkat smartphone mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, word of mouth, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone pada mahasiswa Kota Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data primer. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 110 konsumen menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling dengan kriteria konsumen merupakan mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-raniry, telah melakukan pembelian terhadap smartphone iphone dan telah menggunakan smartphone iPhone minimal 2 bulan. Variabel independen dalam penelitian adalah brand image (X1), word of mouth (X2), kualitas produk (X3), sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah keputusan pembelian smartphone iPhone. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel brand image, word of mouth, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone. Secara simultan variabel brand image, word of mouth, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone. Mahasiswa kota Banda Aceh memutuskan melakukan pembelian iPhone dipengaruhi oleh brand image yang ditampilkan iPhone, word of mouth mengenai iPhone dan kualitas dari iPhone tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Mardiana Diana
Date Deposited: 09 Jan 2025 02:28
Last Modified: 09 Jan 2025 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40770

Actions (login required)

View Item
View Item