Millaty Amalia Ridsni, 210202143 (2025) Penggunaan Kitab Matan Bina Wal Asas Dalam Pembelajaran Sharaf Di Pesantran Ummul Ayman. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penggunaan Kitab Matan Bina Wal Asas Dalam Pembelajaran Sharaf Di Pesantran Ummul Ayman]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Millaty Amalia Ridsni, 210202143, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) proses penggunaan Kitab Matan Bina Wal Asas dalam pembelajaran di pesantren Ummul Ayman, 2) kelebihan dan kekurangan penggunaan Kitab Matan Bina Wal Asas dalam pembelajaran di pesantren Ummul Ayman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam proses analisis data penelitian ini menggunakan teori analisis data yang Miles Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Dan dalam menguji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dalam proses penggunaan Kitab Matan Bina Wal Asas dalam pembelajaran Sharaf di Pesantren Ummul Ayman menggunakan metode qawaid dan terjemah, teknik yang digunakan adalah teknik kode I’rab, media yang digunakan adalah media papan tulis dan evaluasi yang diterapkan adalah yang pertama melakukan pengulangan Kitab Matan Bina Wal Asas setelah jam pembelajaran pokok, setelah aktivitas mengulang tersebut dilakukan selama sebulan, seksi pengajian pesanten Ummul Ayman akan memberikan beberapa soal dalam bentuk tertulis. Yang kedua melakukan ujian setelah selesai satu caturwulan pembelajaran Kitab Matan Bina, ujian yang diterapkan di Pesantren tersebut adalah ujian tahriri (tulisan) dan ujian syafahi (lisan). 2) kelebihan dan kekurangan penggunaan Kitab Matan Bina Wal Asas dalam pembelajaran di pesantren Ummul Ayman, pertama dari segi kelebihan penggunaan kitab Matan Bina Wal Asas dalam pembelajaran Sharaf adalah isi kitabnya sangat singkat, kosakata yang digunakan dalam kitab mudah dipahami, matan kitabnya mempunyai baris, urutan materi kitab terorganisir dan tidak tercampur, dan pola penulisan kitab juga terorganisir. Yang kedua dari segi kekurangan penggunaan kitab Matan Bina Wal Asas dalam pembelajaran Sharaf adalah contoh-contoh yang disajikan hanya satu atau dua contoh saja, dan pembahasan dari kitab ini tidak begitu detail sehingga membutuhkan sumber dari kitab-kitab yang lain lain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Millaty Amalia Ridsni |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 02:32 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 02:32 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40785 |