Afifah, 210209113 (2025) Penerapan Model The Power Of Two Berbantuan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 4 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Model The Power Of Two Berbantuan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 4 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Afifah_210209113_SKRIPSI OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Request a copy
![[thumbnail of Penerapan Model The Power Of Two Berbantuan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 4 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Afifah_210209113_SKRIPSI OK - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Pembelajaran IPAS harus dirancang sesuai perkembangan agar siswa berpikir kritis dan adanya dorongan berdiskusi dan mengamati, akan tetapi, yang peneliti temukan saat berlangsungnya pembelajaran IPAS di kelas V masih ada siswa yang kurang memperhatikan yang akan berdampak pada hasil formatinya di bawah 70. Ternyata, model dan media yang diterapkan tidak sesuai. Sehingga, perlu perbaikan melalui tindakan agar meningkatkan hasil belajar. Sebab itulah, peneliti meneliti tentang penerapan model the power of two berbantuan media diorama untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 4 Banda Aceh dengan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes dan data dianalisa dengan persentase sesuai kriteria keberhasilan. Maka, hasilnya pada aktivitas guru siklus I mendapat nilai 79. Sedangkan, siklus II nilainya 93,75. Selanjutnya, observasi aktivitas siswa pada siklus I mendapat nilai 76 dalam kategori baik. Sedangkan, siklus II mendapatkan nilai 90,17 sangat baik dan untuk hasil belajar siswa pada siklus I nilai rataannya yaitu 41,6 sehingga belum tuntas. Sedangkan, siklus II nilainya 83,33 dan sudah tuntas. Dapat disimpulkan, model the power of two dengan media diorama dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Afifah Ifah |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 02:36 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 02:36 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40790 |