Munawar Kasabi, 210206086 (2025) Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penciptaan Kenyamanan Psikologis Tenaga Pendidik di SMA Negeri 1 Woyla Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penciptaan Kenyamanan Psikologis Tenaga Pendidik di SMA Negeri 1 Woyla Aceh Barat]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Munawar Kasabi, 210206086, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Strategi kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 1 Woyla menerapkan pendekatan demokratis dengan memahami karakter masing-masing tenaga pendidik, terbukti efektif dalam menciptakan kenyamanan psikologis yang mendukung profesionalisme dan kinerja tenaga pendidik. Hal ini menjadi isu yang penting untuk diteliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan kenyamanan psikologis bagi tenaga pendidik di SMA Negeri 1 Woyla Aceh Barat. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah merancang dan menerapkan strategi kepemimpinan yang melibatkan program dukungan psikologis untuk tenaga pendidik. Ini termasuk aktivitas rekreasi bulanan dan pelatihan untuk meningkatkan semangat dan keterlibatan mereka dalam pekerjaan. Penerapan strategi ini juga melibatkan komunikasi terbuka dan memberi ruang bagi tenaga pendidik untuk menyampaikan kondisi emosional mereka. Meskipun ada beberapa kendala, seperti keengganan tenaga pendidik laki-laki dalam mengungkapkan kondisi emosional dan isu finansial, langkah-langkah yang kepala sekolah ambil telah memberikan dampak positif terhadap lingkungan kerja sekolah. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah bagi kepala sekolah untuk terus mempertahankan dan mengembangkan program dukungan psikologis serta strategi komunikasi yang efektif. Bagi tenaga pendidik, diharapkan untuk lebih terbuka dalam mengungkapkan kebutuhan psikologis mereka sehingga dapat menciptakan solusi yang efektif untuk meningkatkan kinerja. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas cakupan penelitian untuk mengkaji lebih dalam pengaruh strategi kepemimpinan terhadap kenyamanan psikologis di lingkungan pendidikan yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kenyamanan Psikologis, Tenaga Pendidik. |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Munawar Kasabi |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 02:55 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 02:55 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40833 |