Alfi Nurahmadhani, 180207092 (2024) Penerapan Media Pop-Up Book Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsS Darul Hikmah. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Biologi, Media Pop-Up Book, Sistem Pencernaan]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Alfi Nurahmadhani, 180207092, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu pendukung dalam proses pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mempelajari hal-hal konkret dan konsep-konsep abstraks, terutama terkait pelajaran-pelajaran IPA, seperti Biologi. Berdasarkan hasil pengamatan awal yang telah dilakukan di MTsS Darul Hikmah diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan oleh guru pengampu pelajaran Biologi selama proses belajar-mengajar secara konvensional, Dimana guru yang mengajar secara konvensional dengan hanya menjelaskan tanpa menggunakan media biasanya mengandalkan metode ceramah, namun kadang-kadang menggunakan media berupa gambar. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran Biologi adalah media pop-up book. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis motivasi belajar siswa terhadap penerapan media pop-up book pada materi sistem pencernaan di kelas VIII MTsS Darul Hikmah dan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa terhadap penerapan media pop-up book pada materi sistem pencernaan di kelas VIII MTsS Darul Hikmah. Dengan menggunakan penelitian kuantitatif berupa metode quasi experiment (eksperimen semu). Hasil yang di peroleh yaitu motivasi belajar siswa dengan penerapan media pop-up book pada materi sistem pencernaan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsS Darul Hikmah Lembar observasi belajar yaitu kelas VII A dengan perolehan 71,92% dengan kategori tingg dan kelas VII C dengan perolehan 76,15% dengan kategori sangat tinggi sedangkan pada lembar angket motivasi belajar yaitu 82,40% dengan kategori sangat tinggi pada kelas VIII A, sedangkan kelas VIII C lembar angket motivasi belajar yaitu 82,40% dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa dengan penerapan media pop-up pada materi MTsS Darul Hikmah terbukti meningkat, dimana thitung ≥ ttabel yaitu 21,85≥1,708 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Alfi Nurahmadhani Alfi |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 02:52 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 02:52 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40834 |