Pengembangan Modul Berbasis E-Booklet Pada Materi Statistika SMP/MTs

Yuni Adelina, 200205010 (2025) Pengembangan Modul Berbasis E-Booklet Pada Materi Statistika SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Modul Berbasis E-Booklet Pada Materi Statistika SMP/MTs] Text (Pengembangan Modul Berbasis E-Booklet Pada Materi Statistika SMP/MTs)
Yuni Adelina, 200205010, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Di era teknologi saat ini, pendidikan di Indonesia mengalami perkembangan signifikan dengan peluncuran kurikulum merdeka yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam konteks ini, pengembangan modul berbasis e-booklet menjadi penting untuk mendukung guru dalam menciptakan proses belajar yang menyenangkan dan efektif. E-booklet sebagai media pembelajaran digital dapat memberikan kemudahan akses dan pemahaman bagi peserta didik, sehingga menjadi alat yang efektif dalam penyampaian materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis e-booklet pada materi statistika di tingkat SMP/MTs. Dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D) serta pendekatan ADDIE, penelitian ini mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Proses ini melibatkan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi untuk menentukan kebutuhan peserta didik dan guru, serta menganalisis kurikulum yang berlaku. Hasil pengembangan e-booklet yang dilakukan di sekolah MTsS Babun Najah menunjukkan bahwa media ini memiliki tingkat validitas yang tinggi, dengan penilaian dari validator ahli materi mencapai rata-rata 89,2% dan 91,8% untuk aspek tampilan. Hal ini mengindikasikan bahwa e-booklet sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Selain itu, e-booklet ini dirancang dengan fitur-fitur interaktif seperti animasi dan latihan soal yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan media pembelajaran yang lebih baik dan inovatif. Dengan adanya e-booklet, diharapkan peserta didik dapat belajar secara mandiri dan lebih aktif dalam memahami materi statistika, sekaligus memenuhi tuntutan kurikulum merdeka untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Yuni Adelina
Date Deposited: 10 Jan 2025 02:58
Last Modified: 10 Jan 2025 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40842

Actions (login required)

View Item
View Item