Penerapan Metode SAS ( Struktural Analitik Sintetik ) Berbantu Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III MIN 48 Pidie

Qurrata A’yun, 200209154 (2025) Penerapan Metode SAS ( Struktural Analitik Sintetik ) Berbantu Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III MIN 48 Pidie. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Metode SAS ( Struktural Analitik Sintetik ) Berbantu Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III MIN 48 Pidie] Text (Penerapan Metode SAS ( Struktural Analitik Sintetik ) Berbantu Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III MIN 48 Pidie)
fix skripsi qurrata.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Penerapan Metode SAS ( Struktural Analitik Sintetik ) Berbantu Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III MIN 48 Pidie] Text (Penerapan Metode SAS ( Struktural Analitik Sintetik ) Berbantu Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III MIN 48 Pidie)
fix skripsi qurrata - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MIN 48 Pidie, khususnya di kelas III selama proses pembelajaran, ditemukan bahwa masih banyak siswa yang belum memiliki kemampuan membaca yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) di kelas III MIN 48 Pidie. Penelitian ini menggunakan metode Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas III MIN 48 Pidie. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan Observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca siswa. Aktivitas guru pada siklus I mendapat skor 71,59 dengan kategori cukup dan meningkatkan pada siklus II dengan skor 95,23 dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh presentase 68,75 dengan kategori cukup, yang meningkat pada siklus II menjadi 90,22 dengan kategori sangat baik. Kemampuan membaca siswa juga meningkat, dimana pada siklus I diperoleh persentase 60% dalam kategori cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 90% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan, penerapan metode SAS terbukti mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas III MIN 48 Pidie.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Qurrata A'yun Qurrata
Date Deposited: 10 Jan 2025 03:03
Last Modified: 10 Jan 2025 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40844

Actions (login required)

View Item
View Item