Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di MIN 15 Aceh Besar

Humaira, 200209055 (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di MIN 15 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di MIN 15 Aceh Besar] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di MIN 15 Aceh Besar)
SEKRIPSI FIX HUMAIRA (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di MIN 15 Aceh Besar] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di MIN 15 Aceh Besar)
SEKRIPSI FIX HUMAIRA (2) - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Metode pembelajaran konvensional semakin dianggap kurang relevan dengan kebutuhan Pendidikan modern. Oleh karenanya, penelitian ini mengkaji efektivitas metode discovery learning yang berpusat pada siswa dan selaras dengan pembelajaran aktif. Metode ini melibatkan tanya jawab dan eksperimen untuk membantu siswa menemukan konsep secara mandiri dengan bimbingan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MIN 15 Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan dua kelompok: control dan eksperimen. Dalam penelitian ini, pengambilan sampel mengunakan sampling jenuh. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 15 Aceh Besar. Data dikumpulkan melalui pree-test dan post-test. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok , di mana nilai signifikan (p) sebesar 0,000 < 0.05. hasil post-test menunjukkan skor kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas control. Selain itu, uji paired samples test mengindikasikan adanya perbedaan rata-rata nilai belajar, dengan kelas eksperimen menunjukkan peningkatam signifikan (p= 0,000). Hasil uji independent samples test memperkuat temuan bahwa metode discovery learning lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil uji tersebut maka hipotesis dari statistic paired samples test kelas A menunjukkan adanya perbedaan dengan mean 95% dengan nilai 0,099 untuk kelas A dan kelas B 0,000. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa model discovery learning memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap pembelajaran IPAS. Penelitian ini memberika bukti bahwa pendekatan aktif dan berbasis eksplorasi seperti discovery learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara signifikan, khususnya di tingkat sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Humaira Maira
Date Deposited: 10 Jan 2025 03:14
Last Modified: 10 Jan 2025 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40852

Actions (login required)

View Item
View Item