Problematika Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an Bagi Peserta Didik di SDN Cot Meuraja Kec. Blang Bintang Kab. Aceh Besar

Shofiyah, 210201012 (2025) Problematika Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an Bagi Peserta Didik di SDN Cot Meuraja Kec. Blang Bintang Kab. Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Problematika Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an   Bagi Peserta Didik di SDN Cot Meuraja Kec. Blang Bintang Kab. Aceh Besar] Text (Problematika Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an Bagi Peserta Didik di SDN Cot Meuraja Kec. Blang Bintang Kab. Aceh Besar)
revisi skripsi ok 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Problematika Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an   Bagi Peserta Didik di SDN Cot Meuraja Kec. Blang Bintang Kab. Aceh Besar] Text (Problematika Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an Bagi Peserta Didik di SDN Cot Meuraja Kec. Blang Bintang Kab. Aceh Besar)
revisi skripsi ok 1 - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penilitian ini adalah tidak tercapainya target hafalan dari program tahfidz al-Qur’an yang di laksanakan di SDN Cot Meuraja, rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana problematika dan juga solusi dari program tahfidz al-Qur’an. Metode yang digunakan pada penelitian ini kualitatif deskriptif, populasi dan sampel diambil dari peserta didik kelas VI-A, teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data yang peneliti gunakan antara lain reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan banyak problematika yang terjadi sehingga mengakibatkan tidak tercapainya target hafalan dari program tahfidz ini. Beberapa problematika yang terjadi adalah faktor waktu yang sedikit, kurang menggunakan media dan sumber belajar yang kurang memadai, faktor peserta didik yang belum mengetahui cara menghafal yang baik dan benar, tidak bisa mengatur waktu ketika menghafal di rumah, kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an, sifat malas yang ada pada siswa, dan faktor tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shofiyah Shofi
Date Deposited: 13 Jan 2025 03:13
Last Modified: 13 Jan 2025 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40857

Actions (login required)

View Item
View Item