Wulan Daniar, 190209124 (2025) Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II SDN 4 Teunom Aceh Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II SDN 4 Teunom Aceh Jaya]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SIDANG INSTRUMEN WULAN DANIAR REVISI DAN BIODATA fiks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
![[thumbnail of Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II SDN 4 Teunom Aceh Jaya]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SIDANG INSTRUMEN WULAN DANIAR REVISI DAN BIODATA fiks - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan dan hasil analisis dokumen di SDN 4 Teunom bahwa nilai ujian semester genap pada pembelajaran tematik masih rendah, dari 20 siswa di kelas II.B yang memenuhi KKM hanya sekitar 5 siswa, sedangkan 15 siswa masih berada dibawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa pada Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Gambar Berseri pada pembelajaran Tematik kelas II SDN 4 Teunom Aceh Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan Tes, teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 68,54% kategori kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 86,29% kategori baik sekali. Aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai persentase 65,32 kategori kurang, meningkat pada siklus II 87,09% dengan kategori baik sekali. Peningkatan hasil belajar siswa siklus I nilai persentase 65% dengan kategori Cukup, dan siklus II mengalami peningkatan sebanyak 88,23% dengan kategori baik sekali. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Saintifik berbantuan media gambar berseri dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 4 Teunom Aceh Jaya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Wulan Daniar Wulan |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 02:38 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 02:38 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40872 |