Penggunaan Media Games Book untuk Meningkatkan Minat Baca dan Hasil Belajar Siswa Kelas III MIN 05 Kota Banda Aceh

Putri Dita Ramadhani, 200209172 (2025) Penggunaan Media Games Book untuk Meningkatkan Minat Baca dan Hasil Belajar Siswa Kelas III MIN 05 Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media Games Book untuk Meningkatkan Minat Baca   dan Hasil Belajar Siswa Kelas III MIN 05 Kota Banda Aceh] Text (Penggunaan Media Games Book untuk Meningkatkan Minat Baca dan Hasil Belajar Siswa Kelas III MIN 05 Kota Banda Aceh)
real BISMILLAH SKRIPSI PUTRI DITA RAMADHANI new (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[thumbnail of Penggunaan Media Games Book untuk Meningkatkan Minat Baca   dan Hasil Belajar Siswa Kelas III MIN 05 Kota Banda Aceh] Text (Penggunaan Media Games Book untuk Meningkatkan Minat Baca dan Hasil Belajar Siswa Kelas III MIN 05 Kota Banda Aceh)
real BISMILLAH SKRIPSI PUTRI DITA RAMADHANI new (2) - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Rendahnya minat baca dan hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia disebabkan karena kurangnya minat baca yang tinggi serta penggunaan media dan model pembelajaran kurang menarik dalam proses pembelajaran mengakibatkan sebagian siswa enggan mengikuti arahan guru. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk menganalisis aktivitas guru, (2) Untuk menganalisis aktivitas siswa, (3) Untuk menganalisis minat baca siswa, dan (4) Untuk menganalisis hasil belajar siswa terhadap penggunaan media games book. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 25 siswa, dengan KKTP individual 75 dan klasikal 80%. Instrunen penelitian yaitu: (1) lembar observasi aktivitas guru, (2) lembar observasi aktivitas siswa, (3) soal tes evaluasi dan (4) lembar angket. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I dengan kategori baik yaitu 76,00%. Dan pada siklus II mengalami peningkatan 95,65% dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I dengan kategori baik yaitu 70,00%. Dan pada siklus II mengalami peningkatan 97,00% dengan kategori sangat baik. (3) Minat baca siswa siklus I dengan kategori cukup yaitu 63,76%. Dan pada siklus II mengalami peningkatan 80,48% dengan kategori tinggi. (4) Hasil belajar siswa siklus I diperoleh sebesar 60,00% dengan jumlah 15 orang siswa yang tuntas. Dan pada siklus II mengalami peningkatan 88,00% dengan jumlah 22 orang siswa yang tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa dalam kategori tuntas dengan nilai 80. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media games book dapat meningkatkan minat baca dan hasil belajar siswa kelas III MIN 05 Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Dita Ramadhani Putri
Date Deposited: 13 Jan 2025 03:46
Last Modified: 13 Jan 2025 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40886

Actions (login required)

View Item
View Item