Satini winanda putri, 210202026 (2025) Efektivitas Penggunaan Kitab Muthala’ah Modern Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa (Studi Eksperimen Di Institut Babul Maghfirah, Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Kitab Muthala’ah Modern Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa (Studi Eksperimen Di Institut Babul Maghfirah, Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Satini winanda putri, 210202026, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti, banyak siswa di Institut Babul Maghfirah Aceh Besar, memiliki kelemahan dalam membaca bahasa Arab. Membaca adalah salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran bahasa dan berfungsi sebagai pintu gerbang untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman. Dalam pembelajaran bahasa Arab, keterampilan membaca merupakan faktor kunci untuk memahami teks-teks Arab secara akurat dan mendalam. Seiring perkembangan alat pendidikan, buku-buku yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan siswa menjadi topik yang sangat penting. Buku Muthala’ah Modern dianggap sebagai salah satu alat yang bertujuan meningkatkan keterampilan membaca siswa. Buku ini menggabungkan metode tradisional dan modern dalam penyajian teks, sehingga membantu siswa mengembangkan keterampilan membaca mereka dengan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Buku Muthala’ah Modern dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan mengkaji dampaknya terhadap peningkatan kinerja dan pemahaman siswa terhadap teks-teks Arab. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain pre-test post-test satu kelompok. Sampel penelitian diambil dari kelas satu, yang terdiri dari 20 siswa. Lembar observasi serta penilaian pre-test dan post-test digunakan sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Buku Muthala’ah Modern efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Peneliti mendasarkan hasilnya pada uji Paired Sample T-test, yang menunjukkan tingkat signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti penggunaan Buku Muthala’ah Modern efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Aktivitas siswa dinilai sangat baik dengan skor 90% sedangkan aktivitas guru dinilai sebesar 92,5 % berdasarkan analisis data observasi langsung. Hal ini menunjukkan tingkat efektivitas yang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Satini Winanda Putri |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 03:15 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 03:15 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40890 |