Pengaruh Model Pembelajaran Air Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menengah Atas Di Selangor Dan Aceh

Hamilatul Ummah, 210205027 (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Air Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menengah Atas Di Selangor Dan Aceh. Pengaruh Model Pembelajaran Air Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menengah Atas Di Selangor Dan Aceh, 15 (2): 15. pp. 1-15. ISSN ISSN 2086-1397 E-ISSN

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Air Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menengah Atas Di Selangor Dan Aceh] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Air Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menengah Atas Di Selangor Dan Aceh)
Hamilatul Ummah, 21020502, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran auditiory intelectual and repetition (AIR) dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa menengah atas di Selangor dan Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen menggunakan desaian tipe one group pretest posttest. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa form 4PA MTK dan semua siswa kelas X SMAN 4 Banda Aceh. Sampelnya adalah siswa form 4PA Maahad Tahfidz Kiblah (MTK) yang berjumlah 20 siswa (total sampling) dan siswa kelas X-4 SMAN 4 Banda Aceh berjumlah 30 siswa. Pemilihan sampel kelas di SMAN 4 dilakukan secara acak dari 6 (enam) kelas X yang ada. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa perangkat

pretest dan posttest dengan jawaban siswa diukur menggunakan rubrik indikator pemahaman konsep. Uji normalitas dilakukan sebelum uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji Shapiro-Wilk. Karena normalitas data posttest pada kelas eksperimen di MTK dan di SMAN 4 tidak terpenuhi maka hipotesis diuji dengan statistik non- parametrik menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil dari pengujian hipotesis ini memperoleh signifikansi < 0,05 yang menunjukakan ada perbedaan antara hasil pretest dan posttest pada pemahaman konsep matematis yang dengan model pembelajaran AIR. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model AIR dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa Form 4PA MTK dan siswa kelas X SMAN 4 Banda Aceh. Pengaruh ini terjadi sebagai dampak positif dari suasana belajar yang lebih dinamis dengan siswa sangat aktif berpartisipasi pada setiap langkah pembelajaran model AIR.

Item Type: Article
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Hamilatul Ummah Amy
Date Deposited: 15 Jan 2025 03:04
Last Modified: 15 Jan 2025 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40913

Actions (login required)

View Item
View Item