Salawati, 200210064 (2025) Pengembangan Game Edukasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Arab Bagi Anak Usia Dini. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pengembangan Game Edukasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Arab Bagi Anak Usia Dini]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Untitled.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
![[thumbnail of Pengembangan Game Edukasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Arab Bagi Anak Usia Dini]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Untitled - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis Augmented Reality untuk pengenalan kosakata bahasa Arab bagi anak usia 5–6 tahun, serta mengevaluasi kelayakannya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model ADDIE, yang meliputi lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap analisis, dilakukan observasi di RA Fathun Qarib Banda Aceh dan studi literatur untuk mengidentifikasi kebutuhan media pembelajaran. Tahap desain melibatkan perancangan flashcard berbasis Augmented Reality dengan 28 kosakata bahasa Arab, yang meliputi kategori seperti hewan, anggota tubuh, dan tumbuhan. Tahap pengembangan mencakup validasi oleh ahli media dan materi, dengan hasil kelayakan media mencapai 80% dan kelayakan materi
100%. Tahap implementasi dilakukan melalui uji coba pada kelompok kecil hingga besar, menunjukkan hasil kategori "Berkembang Sangat Baik" dengan peningkatan persentase pemahaman anak dari 60% hingga 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi Augmented Reality untuk pengenalan kosakata bahasa Arab dapat menjadi media pembelajaran yang interaktif dan layak digunakan. Penelitian ini berkontribusi pada inovasi pembelajaran bahasa Arab bagi anak usia dini dengan mengintegrasikan pendekatan digital yang sesuai dengan era Society 5.0.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Salawati Salawati |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 01:49 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 01:49 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40915 |