Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMA Plus Al Athiyah Banda Aceh

Irhamnal Khairi, 200206012 (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMA Plus Al Athiyah Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Irhamnal Khairi, 20020601, FTK, MPI, 085224761350.pdf] Text
Irhamnal Khairi, 20020601, FTK, MPI, 085224761350.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan sistem pendidikan yang lebih fleksibel dan adaptif, yang mampu mengakomodasi berbagai potensi, minat, dan kebutuhan siswa. Kurikulum Merdeka, yang diterapkan di SMA Plus Al-Athiyah Banda Aceh, diharapkan dapat menjawab tantangan ini dengan memberikan kebebasan bagi siswa dalam memilih mata pelajaran, serta mendorong pembelajaran berbasis proyek dan keterampilan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk pelaksanaan kurikulum merdeka di SMA Plus Al-Athiyah; untuk menganalisis kendala implementasi kurikulum merdeka di SMA Plus Al-Athiyah; dan untuk menggidentifikasi dampak penerapan kurikulum merdeka di SMA Plus Al-Athiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan secara purposive sampling, sehingga dilakukan wawancara terhadap tujuh orang yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, dua orang guru, dua orang peserta didik dan salah satu orang tua peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara dan lembar dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi metode, triangulasi sumber data dan triangulasi teori, sehingga dilakukan pengecekan keabsahan data yaitu dengan kredibilitas, transferability, dependability, dan korfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah berhasil mengadaptasi kurikulum ini dengan baik, memberikan fleksibilitas kepada siswa dalam memilih mata pelajaran, serta menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek dan keterampilan hidup. Terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan fasilitas, bahan ajar, serta pelatihan yang perlu ditingkatkan untuk mendukung implementasi yang lebih efektif. Kepuasan yang tinggi dari pihak guru, siswa, dan orang tua menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka telah membawa dampak positif, terutama dalam hal peningkatan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemandirian siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Irhamnal Khairi
Date Deposited: 14 Jan 2025 03:43
Last Modified: 14 Jan 2025 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40929

Actions (login required)

View Item
View Item