Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di SDN 69 Kota Banda Aceh

Cut Rizka Maliya, 200209169 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di SDN 69 Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di SDN 69 Kota Banda Aceh] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di SDN 69 Kota Banda Aceh)
Untitled.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di SDN 69 Kota Banda Aceh] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di SDN 69 Kota Banda Aceh)
Untitled - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti di kelas V SDN 69 Banda Aceh. Salah satu permasalahan yang sering timbul dalam proses pembelajaran adalah motivasi belajar siswa masih relatif rendah. Buktinya pada saat berdiskusi siswa masih banyak yang diam, masih ada yang minta mengulangi pertanyaan seperti tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru dan juga saat ditanya guru siswa sulit sekali menjawab dengan cepat, bahkan ada yang tidak bisa menjawab. Hal ini pastinya berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau motivasi serta peningkatan hasil belajar. Metode yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refkleksi. Siswa yang terlibat berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes, angket, dan lembar observasi. Pelaksanaan terdiri dari dua siklus yaitu hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 70,83% (baik) dan meningkat pada siklus II 95,2% (baik sekali). Aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai 74,54% (baik) dan meningkat pada siklus II memperoleh nilai 94,78% (baik sekali). Motivasi belajar siklus I memperoleh nilai 48% (cukup) dan pada siklus II meningkat dengan nilai 81,2% (tinggi). Hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase 65,38%. Kemudian pada siklus II meningkat dengan persentase 87,5%. Maka disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan media komik digital dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SDN 69 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cut Rizka Maliya Riska
Date Deposited: 14 Jan 2025 03:41
Last Modified: 14 Jan 2025 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40936

Actions (login required)

View Item
View Item