Nova Suci Haliza, 200205037 (2025) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Teaching At The Right Level Tingkat SMP. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Teaching at the Right Level Tingkat SMP]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
REV_SKRIPSI_NOPAA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
![[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Teaching at the Right Level Tingkat SMP]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
REV_SKRIPSI_NOPAA - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Peserta didik tingkat SMP sering menghadapi kesulitan dalam memahami matematika karena materi pembelajaran tidak disesuaikan dengan tingkat kemampuan mereka. Pembelajaran sering kali hanya didasarkan pada tingkatan kelas, tanpa memperhatikan kemampuan individual, sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan belajar setiap peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Teaching at the Right Level (TaRL) yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Produk ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing peserta didik, sehingga mendukung pembelajaran yang lebih relevan. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIA SMPS Babul Maghfirah, Aceh Besar. Produk yang dihasilkan berupa LKPD yang berjenjang sesuai tingkat kemampuan peserta didik: rendah, sedang dan tinggi. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, serta praktisi pendidikan, sedangkan uji kepraktisan melibatkan pendidik dan peserta didik. Implementasi menunjukkan bahwa LKPD ini membantu peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika sesuai tingkat kemampuan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis TaRL praktis dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Implementasi di kelas VIIIA SMPS Babul Maghfirah membuktikan bahwa peserta didik dapat belajar sesuai tingkat kemampuan mereka. Produk ini relevan untuk mendukung pembelajaran diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka dan menawarkan solusi inovatif yang mampu meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nova Suci Haliza Nova |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 03:39 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 03:39 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40943 |