Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Kue Keukarah dalam Perspektif Ekonomi Islam

Ana Zakiah, 200602015 (2024) Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Kue Keukarah dalam Perspektif Ekonomi Islam. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Kue Keukarah, Strategi Pemasaran, Makanan Tradisional, Prinsip Ekonomi Islam] Text (Kue Keukarah, Strategi Pemasaran, Makanan Tradisional, Prinsip Ekonomi Islam)
Ana Zakiah, 200602015, FEBI, ES.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kue Keukarah adalah salah satu makanan tradisional dari Aceh, Indonesia, yang memiliki bentuk khas dan rasa yang lezat. Walaupun memiliki nilai budaya yang tinggi, Kue Keukarah menghadapi berbagai tantangan dalam pemasarannya di zaman modern ini. Dibutuhkan pendekatan pemasaran yang efektif untuk mengoptimalkan potensi kue ini, terutama dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip ekonomi Islam yang menekankan keadilan, kejujuran, dan kesejahteraan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Untuk menganalisis strategi pemasaran, diperlukan pendekatan yang tepat efektif untuk Kue Keukarah dalam kerangka ekonomi Islam. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pelaku usaha Kue Keukarah, observasi langsung di lapangan, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai penerapan prinsip ekonomi Islam dalam strategi pemasaran. Informan penelitian terdiri dari pemilik dan karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kue Keukarah memiliki potensi pasar yang signifikan jika dipasarkan dengan strategi yang tepat pada harga yang kompetitif, tersedia di tempat yang mudah dijangkau oleh konsumen, kualitas produk yang sesuai dengan standar ekonomi Islam, serta promosi yang mengedepankan prinsip keadilan, kejujuran, dan transparansi, yang dapat meningkatkan efektivitas strategi pemasarannya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ana Zakiah Ana
Date Deposited: 14 Jan 2025 03:41
Last Modified: 14 Jan 2025 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40958

Actions (login required)

View Item
View Item