Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Terhadap Siswa Di SDIT Muhammadiyah Manggeng Aceh Barat Daya

Nofa Yusnita, 190201166 (2025) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Terhadap Siswa Di SDIT Muhammadiyah Manggeng Aceh Barat Daya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Nofa Yusnita, 190201166 (2024).pdf] Text
Nofa Yusnita, 190201166 (2024).pdf

Download (13MB)

Abstract

SDIT Muhammadiyah Manggeng Aceh Barat Daya merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Islam yang mewajibkan siswanya untuk menghafal Al- Qur’an. Adapun berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh penulis bahwa adanya siswa yang belum bisa membaca dan menghafal Al-Qur’an dengan lancar, dan ada juga yang sudah bisa membaca namun masih belum bisa menghafalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an terhadap siswa di SDIT Muhammadiyah Manggeng Aceh Barat Daya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dilaksanakan di SDIT Muhammadiyah Manggeng Aceh Barat Daya pada bulan Maret 2024 sampai selesai. Subyek penelitian adalah Guru Tahfidz dan informannya kepala Sekolah. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan hafalan Al- Qur’an terhadap siswa di SDIT Muhammadiyah Manggeng Aceh Barat Daya dilakukan dengan cara muraja’ah, setor hafalan dan ekstrakurikuler tahfidz. Pelaksanaan peningkatan hafalan Al-Quran dilakukan secara rutin setiap pagi hari senin-kamis pukul 08.00-09.30, yang dilakukan dengan cara muraja’ah dan setor hafalan. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an terhadap siswa di SDIT Muhammadiyah Manggeng Aceh Barat Daya adalah: 1)Faktor pendukung yaitu motivasi guru terhadap siswa, ketersediaan sarana dan prasarana yang sesuai, dan adanya kerjasama antara guru dengan orang tua siswa. 2)Sedangkan Faktor penghambatnya yaitu kurangnya konsentrasi, adanya siswa yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, kesehatan guru yang dapat mengganggu konsentrasi dalam mengajar, terdapat anak yang sering tidak masuk sekolah, alokasi waktu yang kurang dan adanya rasa malas dari diri siswa ketika menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nofa Yusnita
Date Deposited: 14 Jan 2025 03:45
Last Modified: 14 Jan 2025 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40976

Actions (login required)

View Item
View Item