Ainul Husna, 200209122 (2024) Pengaruh Metode SAS Dengan Menggunakan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 33 Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Pengaruh, Metode SAS, Media Video Animasi, Kemampuan Membaca Pemulaan Siswa]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ainul Husna, 200209122, FTK, PGMI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi pada kelas I di MIN 33 Aceh Besar, bahwasanya terdapat permasalahan yaitu siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran membaca permulaan di antaranya siswa sering tertukar huruf satu dengan huruf yang lain. Kebanyakan siswa masih sering tertukar huruf antara huruf m dengan n, masih kurangnya penggunaan media sehingga siswa bosan dan kurang antusias dalam belajar membaca permulaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode SAS dengan menggunakan media video animasi untuk meningkatkan membaca permulaan siswa kelas I MIN 33 Aceh Besar. Metode penelitian ini adalah Pre-Experimental Design, dengan desain penelitian One Group Pretest-Postetest Design. Teknik pengumpulan data melalui Tes lisan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dari metode SAS dengan menggunakan media video animasi terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa yang didasarkan dari perolehan hasil uji paired sample t test dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, dan thitung (9,335), sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode SAS dengan menggunakan media video animasi dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MIN 33 Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ainul Husna Ainul |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 03:59 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 03:59 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40991 |