Penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa kelas IV SD Negeri 36 Banda Aceh

Eka Murtia, 200209007 (2025) Penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa kelas IV SD Negeri 36 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model pembelajaran Problem based Learning Berbantuan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa kelas IV SD Negeri 36 Banda Aceh] Text (Penerapan Model pembelajaran Problem based Learning Berbantuan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa kelas IV SD Negeri 36 Banda Aceh)
skripsi Eka Murtia (200209007).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Penerapan Model pembelajaran Problem based Learning Berbantuan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa kelas IV SD Negeri 36 Banda Aceh] Text (Penerapan Model pembelajaran Problem based Learning Berbantuan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa kelas IV SD Negeri 36 Banda Aceh)
skripsi Eka Murtia (200209007) - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Motivasi belajar adalah dorongan yang timbul baik dari dalam maupun dari luar diri siswa, yang mampu menimbulkan semangat memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai.masih banyak siswa kelas IV SDN 36 Banda Aceh yang memiliki Tingkat motivasi belajar yang rendah dan belum memenuhi KKTP yang ditetapkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasi belajar melalui penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media monopoli pada siswa kelas IV Sdn 36 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas yang meliputi empat tahap yaitu:nperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilkukan pada dua siklus, dengan subjek penelitian berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket dan lembar observasi yang dianalisis menggunakan deskriptif peresentase. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I yaitu75% dan pada siklus II memperoleh 93,33%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 78,33% dan siklus II sebanyak 96,66%, (3) hasil motivasi belajar siswa pada siklus I yaitu 66,15% dan pada siklus II memperoleh 84,61%, (4) Hasil belajar pada siklus I 57,69% dan pada siklus II 96,15%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran (PBL) berbantuan media Monopoli dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 36 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Murtia Eka
Date Deposited: 14 Jan 2025 04:36
Last Modified: 14 Jan 2025 04:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41005

Actions (login required)

View Item
View Item