Pengembangan Kitab Matan Aj-Jurumiyah dengan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Berdasarkan Pendekatan Kontekstual (Penelitian Pengembangan di Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie)

Taufik iskandar, 221004033 (2025) Pengembangan Kitab Matan Aj-Jurumiyah dengan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Berdasarkan Pendekatan Kontekstual (Penelitian Pengembangan di Ma’had Babul Ulum Abu Lueng Ie). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Pembelajaran Nahwu] Text (Membahas Tentang Pembelajaran Nahwu)
Taufik Iskandar, 221004033, PPs, PBA, 082247459063.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Siswa tidak mampu menjelaskan apa yang telah mereka hafal. Bahkan sebahagian mereka tidak mampu menghafal amil-amil yang terdapat di dalam kitab Aj-Jurumiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan kitab Aj-Jurumiyah dengan LKPD berdasarkan pendekatan kontekstual. Dan untuk mengetahui keefektifitasan pengembangan LKPD berdasarkan pendekatan kontekstual. Peneliti menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) model Sugiyono. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 yang berjumlah 39 siswa. Peneliti memilih kelas 1 (a) sebagai sampel penelitian pada kelompok kecil yang berjumlah 20 orang siswa dengan metode purposive sampling. Hasil evaluasi oleh para ahli pertama dan kedua menunjukkan nilai 93,5% yang berada dalam rentang 81-100 dengan kategori “sangat baik”. Penerapan pengembangan LKPD berdasarkan landasan pendekatan kontekstual efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pembelajaran nahwu dengan nilai signifikansi 0,00 yang lebih kecil dari nilai 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Taufik Iskandar
Date Deposited: 14 Jan 2025 04:37
Last Modified: 14 Jan 2025 04:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41036

Actions (login required)

View Item
View Item