Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV MIN 16 Aceh Selatan

Arliana Kasturi, 200209146 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV MIN 16 Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model  Quantum Teaching dengan Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV MIN 16 Aceh Selatan] Text (Penerapan Model Quantum Teaching dengan Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV MIN 16 Aceh Selatan)
AA SKRIPSI ARLIANA EDIT (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Penerapan Model  Quantum Teaching dengan Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV MIN 16 Aceh Selatan] Text (Penerapan Model Quantum Teaching dengan Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV MIN 16 Aceh Selatan)
AA SKRIPSI ARLIANA EDIT (2) - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan di MIN 16 Aceh Selatan, terdapat beberapa siswa kurang mampu memahami materi pelajaran IPAS, selama ini pembelajaran yang dilaksanakan tidak menekan siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk menganalisis aktivitas guru, (2) menganalisis aktivitas siswa, (3) untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model Quantum Teaching dengan Menggunakan Media Audio Visual di kelas IV MIN 16 Aceh Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian Ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan Tes, teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 69,23% kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 91,34% kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai persentase 67,31% kategori baik, meningkat pada siklus II mencapai 88,46% dengan kategori sangat baik. (3) Peningkatan hasil belajar siswa siklus I memperoleh nilai persentase 50% dengan kategori kurang, dan siklus II mengalami peningkatan mencapai 89% dengan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dengan Menggunakan Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MIN 16 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arliana Kasturi Arliana
Date Deposited: 15 Jan 2025 03:05
Last Modified: 15 Jan 2025 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41059

Actions (login required)

View Item
View Item