Pengelolaan Kurikulum Merdeka dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta didik di MAN 4 Aceh Besar

Nayla Maghfirah, 200206081 (2024) Pengelolaan Kurikulum Merdeka dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta didik di MAN 4 Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Kurikulum Merdeka, Prestasi Belajar, Peserta Didik] Text (Pengelolaan Kurikulum Merdeka, Prestasi Belajar, Peserta Didik)
Nayla Maghfirah, 200206081, FTK, MPI, 0895326366668.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka di MAN 4 Aceh Besar telah dimulai sejak 2022, namun masih menghadapi tantangan dalam mencapai hasil yang maksimal, terutama dalam pengelolaan dan implementasinya di berbagai tingkat kelas. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perencanaan Kurikulum Merdeka yang dilakukan di MAN 4 Aceh Besar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, 2) menganalisis pelaksanaan Kurikulum Merdeka di MAN 4 Aceh Besar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, dan 3) mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi Kurikulum Merdeka di MAN 4 Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum yang melibatkan kolaborasi antara kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, dan guru telah berhasil meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui pelatihan dan pembelajaran berbasis minat. Pelaksanaan kurikulum memberikan dampak positif pada prestasi akademik dan non-akademik peserta didik meskipun terdapat tantangan dalam pemahaman guru terhadap kurikulum tersebut. Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan fasilitas, kesiapan mental guru, dan koordinasi antar pihak terkait. Namun, dengan upaya-upaya seperti pelatihan berkelanjutan dan komunikasi yang intensif, hambatan-hambatan ini dapat diatasi, sehingga implementasi kurikulum terus berkembang dan meningkatkan kualitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nayla Maghfirah Nayla
Date Deposited: 15 Jan 2025 04:08
Last Modified: 15 Jan 2025 04:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41060

Actions (login required)

View Item
View Item