Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Solving Pada Kelas IV di MIN 17 Aceh Selatan

Ulil Wirja, 200209158 (2025) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Solving Pada Kelas IV di MIN 17 Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Solving Pada Kelas IV di MIN 17 Aceh Selatan] Text (Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Solving Pada Kelas IV di MIN 17 Aceh Selatan)
BISMILLAH SKRIPSI ULIL WIRJA EDIT - Copy (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Solving Pada Kelas IV di MIN 17 Aceh Selatan] Text (Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Solving Pada Kelas IV di MIN 17 Aceh Selatan)
BISMILLAH SKRIPSI ULIL WIRJA EDIT - Copy (3) - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MIN 17 Aceh Selatan diperoleh informasi bahwa pada proses pembelajaran berlangsung sumber belajar yang digunakan oleh guru hanya terbatas pada buku paket saja, dan belum menggunakan sumber belajar atau bahan ajar yang lain. Peneliti menemukan permasalahan kurangnya ketersediaan sumber belajar atau bahan ajar untuk menjelaskan materi piktogram dan diagram batang. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengembangkan bahan ajar berbasis problem solving pada kelas IV di MIN 17 Aceh Selatan (2) Untuk menilai kelayakan bahan ajar berbasis problem solving pada kelas IV di MIN 17 Aceh Selatan dan (3) Untuk menilai kepraktisan bahan ajar berbasis problem solving pada kelas IV di MIN 17 Aceh Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: analisis (analysis), desain (design) pengembangan dan pembuatan produk (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Maka, hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis problem solving layak digunakan dengan persentase 97,23% dari ahli media, 88,33% dari ahli materi dan 86,32% dari ahli bahasa. Sedangkan data uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor 100% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa bahan ajar matematika berbasis problem solving dapat diterapkan pada proses pembelajaran dan sangat layak dikembangkan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ulil Wirja Ulil
Date Deposited: 15 Jan 2025 03:05
Last Modified: 15 Jan 2025 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41063

Actions (login required)

View Item
View Item