Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 9 Pdie Jaya

Faziratul Fazilah, 200209079 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 9 Pdie Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 9 Pdie Jaya] Text (Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 9 Pdie Jaya)
SKRIPSI REVISI terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 9 Pdie Jaya] Text (Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 9 Pdie Jaya)
SKRIPSI REVISI terakhir - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti hasil belajar menunjukkan ketidaktercapaian KKTP pada nilai siswa. Sehingga penulis berpendapat bahwa di Madrasah ini perlu di terapkan model pembelajaran yang bersifat aktif learning yaitu model Problem Solving dengan berbantuan video pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) bagaimana aktivitas guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan media video, (2) bagaimana aktivitas siswa dalam peningkatan hasil belajar pada pelajaran IPA setelah digunakan media video, (3) bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Solving dengan berbantuan media video. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk menganalisis aktivitas guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan media video, (2) untuk menganalisis aktivitas siswa dalam peningkatan hasil belajar pada pelajaran IPA setelah digunakan media video, (3) untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Solving dengan berbantuan media video. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Adapun subjek penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas V. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) aktivitas guru siklus I 78,75% meningkat menjadi 97,5%, (2) aktivitas siswa siklus I 77,5% meningkat menjadi 95%, (3) hasil belajar siswa siklus I 41,17% meningkat menjadi 82,35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan video untuk meningkatkan hasil belajar siswa ini berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Naziratul Fazilah Nazira
Date Deposited: 15 Jan 2025 03:05
Last Modified: 15 Jan 2025 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41064

Actions (login required)

View Item
View Item