Analisis Minat Mahasiswa Dalam Penggunaan Trainer dan Aplikasi PSIM pada Mata Kuliah Elektronika Daya.

Marda Assyifa, 210211033 (2025) Analisis Minat Mahasiswa Dalam Penggunaan Trainer dan Aplikasi PSIM pada Mata Kuliah Elektronika Daya. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Judul] Text (Judul)
Marda Assyifa, 210211033, FTK, PTE-1-83.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Praktikum pada mata kuliah elektronika daya adalah salah satu mata kuliah yang memiliki peran penting dalam memahami dasat-dasar sistem konversi energi listrik, dan penggunaan teknologi pendidikan berbasis alat peraga berupa trainer dan aplikasi PSIM untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa tertarik dan merasa terbantu dengan penggunaan trainer dan aplikasi PSIM pada mata kuliah Elektronika Daya. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini menggunakan instrumen wawancara. Subjek yang ditujukan pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Elektro UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang sudah mengambil mata kuliah Elektronika Daya yang berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbandingan dari minat mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro yaitu dari 10 mahasiswa, 7 diantaranya berminat terhadap penggunaan trainer dan 3 diantaranya berminat pada software aplikasi PSIM. Sehingga dari penelitian ini didapatkan mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro lebih tertarik menggunakan trainer dari pada software aplikasi PSIM pada mata kuliah Elektronika Daya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Marda Assyifa Marda
Date Deposited: 15 Jan 2025 03:42
Last Modified: 15 Jan 2025 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41093

Actions (login required)

View Item
View Item