Analisis Penggunaan Media Kincir Pintar Terhadap Pengenalan Huruf Abjad Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Al-Ikhsan

Safna Suhada MR, 190210052 (2024) Analisis Penggunaan Media Kincir Pintar Terhadap Pengenalan Huruf Abjad Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Al-Ikhsan. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Media  Kincir  Pintar,  Pengenalan  Huruf  Abjad,  Pendidikan  Anak Usia Dini, Pembelajaran Interaktif] Text (Media Kincir Pintar, Pengenalan Huruf Abjad, Pendidikan Anak Usia Dini, Pembelajaran Interaktif)
Safna Suhada Mr, 190210052, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (39MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media smart pinwheel dalam membantu anak usia 4–5 tahun mengenal huruf abjad. Penelitian dilaksanakan di RA Al-Ikhsan, Banda Aceh, dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan wawancara kepada guru sebagai sumber data utama. Analisis data dilakukan secara deskriptif dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media smart pinwheel efektif dalam meningkatkan minat dan antusiasme anak untuk mengenal huruf abjad. Selain itu, media ini juga mendukung perkembangan anak dalam pengenalan huruf, khususnya dalam pelafalan dan kemampuan mengasosiasikan huruf dengan kata-kata yang dimulai dengan huruf tersebut. Namun, beberapa tantangan yang dihadapi meliputi kurangnya minat pada sebagian anak dan kesulitan teknis dalam penggunaan media. Oleh karena itu, dukungan dari pihak sekolah serta pelatihan bagi guru menjadi hal yang sangat penting untuk mengoptimalkan penggunaan media ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Safna Suhada MR Safna
Date Deposited: 15 Jan 2025 03:04
Last Modified: 15 Jan 2025 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41097

Actions (login required)

View Item
View Item