Strategi Guru PAI Dalam Pembinaan Karakter Siswa di SMPN 1 Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan

Sri Wulandari, 200201094 (2025) Strategi Guru PAI Dalam Pembinaan Karakter Siswa di SMPN 1 Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Guru PAI Dalam Pembinaan Karakter Siswa di SMPN 1 Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan] Text (Strategi Guru PAI Dalam Pembinaan Karakter Siswa di SMPN 1 Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan)
Sri Wulandari, 200201094, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Strategi guru PAI dalam pembinaan karakter pada dasarnya sangat mempengaruhi tingkat pemahaman dan pengalaman nilai-nilai akhlak itu sendiri, terlebih apabila pengaruh terhadap kesadaran siswa dalam mengamalkan nilai-nilai luhur, baik yang ada dalam lembaga atau diluar lembaga, dalam pembinaan karakter itu hal penting yang dilakukan oleh guru terutama guru PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Guru PAI Dalam Pembinaan Karakter Siswa di SMPN 1 Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan dan apa saja kendala yang dihadapi Guru PAI Dalam Pembinaan Karakter di SMPN 1 Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu penelitian analisis yang berusaha menggambarkan suatu gejala peristiwa, peristiwa yang sedang terjadi sekarang. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh guru PAI Dalam Pembinaan Karakter Siswa di SMPN 1 Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan yaitu dalam membentuk pribadi siswa yang baik, berakhlak mulia, dan berlandaskan nilai-nilai agama. Melalui pembinaan karakter siswa yang mencakup pendekatan teladan, pembiasaan, diskusi, dan ceramah. Adapun kendala yang dihadapi guru PAI dalam pembinaan karakter siswa ada 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal, seperti kurangnya motivasi siswa, rendahnya kesadaran siswa terhadap pentingnya nilai-nilai moral, serta kurangnya dukungan dari keluarga, dapat menghambat proses pembinaan karakter. Sementara itu, faktor eksternal seperti pengaruh negatif lingkungan sosial, media, dan pergaulan yang tidak sehat juga turut mempengaruhi perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Wulandari
Date Deposited: 15 Jan 2025 03:03
Last Modified: 15 Jan 2025 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41098

Actions (login required)

View Item
View Item