Manajemen Kepala Sekolah dalam Penerapan Tata Tertib Sekolah di SMK Negeri 1 Tapaktuan

Noril Nadira Amersha, 271324744 (2018) Manajemen Kepala Sekolah dalam Penerapan Tata Tertib Sekolah di SMK Negeri 1 Tapaktuan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Manajemen Sekolah]
Preview
Text (Membahas tentang Manajemen Sekolah)
Noril Nadira Amersha.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah sebagai seorang manajer di lembaga pendidikan harus memiliki tiga kecerdasan pokok, yaitu kecerdasan profesional, kecerdasan personal, dan kecerdasan manajerial agar dapat bekerjasama dengan orang lain. Dengan kemampuan tersebut kepala sekolah mampu meningkatkan kinerja sekolah melalui pembinaan disiplin yaitu menyusun dan menerapkan tata tertib sekolah. Adapun permasalahan yang dihadapi SMKN 1 Tapaktuan adalah kurangnya rasa bertanggungjawab atas tugas-tugas yang diembannya, kurang mentaati tata tertib sekolah yang diterapkan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara manajemen kepala sekolah dalam penerapan tata tertib sekolah, untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam penerapan tata tertib sekolah, dan untuk mengetahui kendala kepala sekolah dalam penerapan tata tertib sekolah. Dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Jumlah subyek penelitian adalah 9 orang yaitu, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, 4 orang guru, wakil kepala tata usaha, orang staf tata usaha. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kepala sekolah SMK Negeri 1 Tapaktuan selalu menekankan guru yang kurang mentaati peraturan tata tertib sekolah yang telah diterapkan, kepala sekolah selalu memberikan pengawasan tentang tata tertib sekolah. Peran kepala sekolah dalam penerapan tata tertib sekolah yaitu dari awalnya pembentukan tata tertib sekolah yang dibicarakan bersama-sama. Jika ada guru yang melanggar peraturan akan diberikan sanksi apabila sudah melampaui batas. Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam penerapan tata tertib sekolah di SMK Negeri 1 Tapaktuan yaitu kurangnya kepedulian guru terhadap tata tertib sekolah yang diterapkan. Saran dari penelitian ini adalah kepala sekolah bertindak tegas untuk mengatasinya dengan selalu mengingatkan kepada guru piket agar bisa ikut bekerjasama untuk selalu menerapkan tata tertib sekolah dengan konsisten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Basidin Mizal, M. Pd; 2. Nurussalami, S. Ag., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kepala Sekolah, Tata Tertib Sekolah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.5 Disipli Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Noril Nadira Amersha
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:43
Last Modified: 03 Aug 2018 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4111

Actions (login required)

View Item
View Item