Nurul Zakyyah, 200209073 (2024) Penerapan Model Kooperative Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV SDN 2 Padang Tiji. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penerapan Model Kooperative Tipe Teams Games Tournament]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NURUL ZAKYYAH BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (807kB)
![[thumbnail of Penerapan Model Kooperative Tipe Teams Games Tournament]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NURUL ZAKYYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi siswa kelas IVsaat pembelajaran berlangsung, Siswa Kelas IV tidak terlalu fokus dalam memperhatikan materi pembelajaran, kurang aktif serta hasil belajar masih belum yang mencapai KKM hanya sekitar 5 siswa, sedangkan 20 siswa masih berada dibawah KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa melalui penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournamentpada pembelajaran IPAS kelas IV SD 2 Padang Tiji. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournament pada pembelajaran IPAS kelas IV SD 2 padang Tiji. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD 2 Padang Tiji yangberjumlah 25 siswa dengan KKM individual 70 dan Klasikal 85%. Sedangkan teknik mengumpulan data melalui observasi dan tes, kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 67% siklus II meningkat menjadi 92%. Aktivitas siswa siklus I 69,79%, siklus II 95,45%. Hasil belajar siswa pada siklus I 60%, siklus II meningkat menjadi 92%, termasuk katagori baik sekali dan sudah memenuhi ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil bealajar siswa terhadap pembelajaran IPAS pada siswa kelas IV SD 2 Padang Tiji.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nurul Zakyyah |
Date Deposited: | 05 May 2025 03:33 |
Last Modified: | 05 May 2025 03:33 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41138 |