Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 10 Banda Aceh

Cahya Bella Nuari, 200209006 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 10 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 10 	Banda Aceh] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 10 Banda Aceh)
skripsi Cahya Bella Nuari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 10 	Banda Aceh] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 10 Banda Aceh)
skripsi Cahya Bella Nuari - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Motivasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Namun masih banyak siswa yang kurang termotivasi pada saat pembelajaran, seperti siswa kurang fokus, kesulitan dalam mengerjakan tugasn individu maupun kelompok, sehingga hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa yang nilainya tidak mencapai KKTP. Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk membantu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian yaitu : (1) Untuk menganalisis aktivitas guru, (2) menganalisis aktivitas siswa, (3) menganalisis penigkatan motivasi belajar, (4) menganalisis peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas V. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yaitu : (1) Lembar observasi aktivitas guru, (2) Lembar observasi aktivitas siswa, (3) Lembar angket, (4) Soal tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase hasil penelitian (1) aktivitas guru pada siklus I yaitu 75% dan pada siklus II 90%, (2) hasil penelitian aktivitas siswa pada siklus I 72,5% dan pada siklus II 90%, (3) motivasi belajar pada siklus I 59,90% dan pada siklus II 87,10%,(4) hasil belajar siswa pada siklus I 60,71% dan pada siklus II 86,66%. Berdasarkan hasil data penelitian siklus I dan II tersebut dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada kegiatan pembelajaran PKn siswa kelas V MIN 10 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cahya Bella Nuari Bella
Date Deposited: 15 Jan 2025 03:43
Last Modified: 15 Jan 2025 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41168

Actions (login required)

View Item
View Item