Rizki Fadilla Mutiara, 200209166 (2025) Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Rangkaian Listrik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPAS Kelas V MIN 9 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Membahas tentang pendidikan]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RIZKI FADILLA MUTIARA 200209166 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
![[thumbnail of Membahas tentang pendidikan]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RIZKI FADILLA MUTIARA 200209166.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Salah satu aspek yang menjadi perhatian dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran yang efektif. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di MIN 9 Banda Aceh pada kelas V, proses pembelajaran yang kurang efektif dikarenakan guru tidak menggunakan media yang konkret, kurangnya pemahaman siswa dalam proses pembelajaran.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru melalui penerapan model project based learning di kelas V MIN 9 Banda Aceh. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa melaui dengan penerapan model project based learning di kelas V MIN 9 Banda Aceh. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS dengan penerapan model project based learning di kelas V MIN 9 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas V A berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. KKTP yang telah ditetapkan adalah 70 dengan ketuntasan klasikal 80%. Hasil penelitiannya adalah aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 72%, siklus II meningkat dengan persentase 85,6 (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 66,4%, siklus II meningkat dengan persentase 90,4% (sangat baik). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan persiklusnya, pada siklus I persentase yang diperoleh adalah 66,6%, meningkat pada siklus II dengan persentase 86,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Pelajaran IPAS materi rangkaian listrik sederhana kelas V MIN 9 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rizki Fadilla Mutiara |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 02:47 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 02:47 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41170 |