Rancang Media Pembelajaran Game Edukatif untuk Mata Pelajaran Informatika Berbasis Android (Studi Kasus : SMP N 1 Simpang Tiga)

Khairul Rizal, 190212032 (2025) Rancang Media Pembelajaran Game Edukatif untuk Mata Pelajaran Informatika Berbasis Android (Studi Kasus : SMP N 1 Simpang Tiga). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang Sejarah Komputer] Text (membahas tentang Sejarah Komputer)
Khairul Rizal 190212032 FTK-PTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of membahas tentang Sejarah Komputer] Text (membahas tentang Sejarah Komputer)
khairul rizal, 190212032, ftk, pti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (572kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk merancang game edukatif dan melihat kelayakan terhadap game edukatif belajar sejarah berbasis android terhadap anak anak kelas SMP (Sekolah Menengah Pertama) SMP N 1 Simpang Tiga. Penelitian ini menggunakan Unity Engine dengan Metode Game development life cycle yaitu: konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Penilitian ini telah menghasilkan pengembangan game edukatif belajar sejarah berbasis android dan telah diuji kepada siswa. Produk juga telah divalidasi oleh pakar ahli media yaitu Bapak Baihaqi dan Ibu Rita Amalia. Untuk Ahli materi oleh ibu Kasmiaton dan
Bapak Aulia Syarif Aziz. Game edukatif belajar sejarah mendapat respon postif dari anak-anak yaitu 88,15 % yang menyatakan setuju. Hal ini membuktikan bahwa
game edukatif belajar informatika layak dingunakan untuk kalangan siswa umum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Khairul Rizal Rizal
Date Deposited: 15 Jan 2025 04:37
Last Modified: 10 Apr 2025 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41190

Actions (login required)

View Item
View Item