Pendekatan Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV SD Negeri Kandang Mbelang Aceh Tenggara

Dinah Nadaiyah, 200209010 (2025) Pendekatan Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV SD Negeri Kandang Mbelang Aceh Tenggara. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pendekatan Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV SD Negeri Kandang Mbelang Aceh Tenggara] Text (Pendekatan Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV SD Negeri Kandang Mbelang Aceh Tenggara)
Dinah Nadiyah_200209010_SKRIPSI CETAK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Pendekatan Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV SD Negeri Kandang Mbelang Aceh Tenggara] Text (Pendekatan Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV SD Negeri Kandang Mbelang Aceh Tenggara)
Dinah Nadiyah_200209010_SKRIPSI CETAK - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pembentukan karakter menjadi perhatian penting dalam pendidikan sesuai observasi awal di SD Negeri Mbelang Aceh Tenggara ditemukan sebagian siswa belum terbentuk karakternya. Bahkan, untuk kepatuhan aturan disekolah sebagian siswa masih kurang sadar. Sehingga, perlu adanya pendekatan pembentukan karakter pada siswa dikelas IV dan ini memerlukan peran guru untuk membentuk karakter. Sebab itulah, tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi karakter displin yang dimiliki serta pendekatan yang dibangun guru dalam membentuk karakter displin dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter displin siswa kelas IV di SD Negeri Mbelang Aceh Tenggara dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dan data dianalisa dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan memperoleh hasil bahwa kondisi karakter displin yang dimiliki oleh siswa kelas IV SD Negeri Mbelang Aceh Tenggara dari kehadiran tepat waktu, tidak pernah terlambat, serta menyelesaikan tugas yang guru berikan, dating tepat waktu serta selalu mengerjakan tugas dengan tanggung jawab, mengenakan seragam sesuai aturan, tertib mengikuti pelajaran, mematuhi aturan dan pendekatan yang guru bangun melalui lingkungan positif untuk pembentukan karakter dengan faktor pendukung adanya lingkungan dan fasilitas yang menunjang serta faktor penghambatnya adalah kurangnya kontrol dari orangtua terkait karakter siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dinah Nadiyah Dinah
Date Deposited: 15 Jan 2025 04:38
Last Modified: 15 Jan 2025 04:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41195

Actions (login required)

View Item
View Item