Rizki Maulana, 201003003 (2024) Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMA Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMA Kota Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RIZKI MAULANA, 201003003, PASCA, PAI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (34MB)
Abstract
Guru yang mempunyai kompetensi yang baik tentunya akan sangat mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Hamalik, yang dikutip oleh Cece Wijaya dan Tabrani Rusyan bahwa guru yang berkompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif, menyenangkan, dan akan lebih mampu mengelola kelas, sehingga siswa bisa belajar dan meningkatkan prestasi belajar dengan optimal. Prestasi belajar merupakan alat tolak ukur untuk mengetahui berhasil atau tidaknya pembelajaran. Fakta di lapangan, masih banyak ditemukan guru yang belum memiliki kompetensi yang baik, diantara kompetensi tersebut adalah kompetensi profesional dan kepribadian yang dimiliki oleh guru. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru PAI terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMA Labschool Unsyiah dan SMAN 8 Kota Banda Aceh. (2) untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMA Labschool Unsyiah dan SMAN 8 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain deskriptif analisis. Tempat penelitian di SMA Labschool Unsyiah dan SMAN 8 Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh kompetensi profesional dan kepribadian guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Labschool Unsyiah dan SMAN 8 Kota Banda Aceh hal ini dibuktikan dengan nilai yang relevan dari kompetensi profesional guru yang baik dengan prestasi belajar siswa yang baik pula. Data yang relevan tersebut terlihat dari data hasil kuesioner dari responden siswa, observasi oleh pengawas dan supervisi sekolah oleh kurikulum. Hal ini juga membuktikan bahwa beberapa landasan teori dan penelitian yang terdahulu sejalan dengan hasil temuan penelitian ini, secara teoritik dan empirik terdapat adanya pengaruh signifikan antara kompetensi profesional guru PAI terhadap prestasi belajar siswa yang biasanya disebabkan oleh beberapa faktor lingkungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.33 Tingkat Tsanawiyah dan Aliyah 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.33 Tingkat Tsanawiyah dan Aliyah > 2X7.332 Aliyah |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rizki Maulana |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:38 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:38 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41205 |