Nurratul Islami, 210202045 (2025) Penerapan Metode Kooperatif Learning Tipe STAD Dalam Pembelajaran Nahwu ( Studi Eksperimen Di MTsN 1 Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penerapan Metode Kooperatif Learning Tipe STAD Dalam Pembelajaran Nahwu ( Studi Eksperimen Di MTsN 1 Banda Aceh)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurratul Islami, 210202045, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Berdasarkan observasi pertama di MTsN 1 Banda Aceh, peneliti menemukan permasalahan dalam proses pembelajaran bahasa Arab, dan ditemukan beberapa siswa merasa kesulitan dalam memahami tata bahasa khususnya pada mata pelajaran verba present tense, dan mereka merasa kesulitan. membedakan tentang perubahan bentuk kata terakhir dari verba present tense karena sekolah dalam proses pembelajarannya hanya menggunakan metode Ceramah, bahkan ada siswa yang berada di barisan paling belakang merasa bosan dan malas memahami materi pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti topik penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan metode STAD dalam pembelajaran grammar (studi eksperimen di MTsN 1 Banda Aceh). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas siswa dan guru dalam metode pembelajaran kooperatif menggunakan metode STAD untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajar tata bahasa di MTsN 1 Banda Aceh, dan untuk mengidentifikasi efektivitas penerapan metode pembelajaran kooperatif menggunakan metode STAD dalam pengajaran tata bahasa. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan peneliti memilih desain quasi-eksperimental dalam bagian Non Equivalent Pre Test – Post Test Design. Sebagai hasil pengamatan aktivitas sekolah dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif menggunakan metode STAD, 97,9% dengan peringkat sangat baik. Sebagai hasil pengamatan aktivitas siswa, 91,6% dengan peringkat sangat baik juga. Artinya, aktivitas sekolah dan aktivitas siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif dengan metode STAD memperoleh peringkat sangat baik dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode pembelajaran kooperatif dengan metode STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran tata bahasa. Karena setelah peneliti menganalisis dengan menggunakan hasil Uji Man-Whitney, laporan ini ditunjukkan pada Tabel 4-17 dengan tingkat signifikansi (sig) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Nurratul Islami |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 04:39 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 04:39 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41238 |