Efektivitas Penggunaan Protege Effect Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Nahwu (Penelitian Eksperimen Di Mas Darul Ihsan Aceh Besar)

Utya Maulina Albar, 210202240 (2025) Efektivitas Penggunaan Protege Effect Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Nahwu (Penelitian Eksperimen Di Mas Darul Ihsan Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Protege Effect Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Nahwu (Penelitian Eksperimen Di Mas Darul Ihsan Aceh Besar)] Text (Efektivitas Penggunaan Protege Effect Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Nahwu (Penelitian Eksperimen Di Mas Darul Ihsan Aceh Besar))
Utya Maulina Albar, 210202240, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan yang peneliti temukan setelah mewawancarai guru adalah para siswa masih mengalami kesulitan dalam mentashrifkan fiil (kata kerja) dengan benar, kesulitan yang dihadapi tersebut merupakan salah satu faktor yang menjadikan siswa sulit untuk membedakan jenis-jenis maf'ul dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Protege Effect untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami tata bahasa di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperiment dan peneliti memilih desain eksperimen semu. Alat penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah dua tes (pre-test dan post-test). Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa perempuan di kelas dua SMA Darul Ihsan, yang terdiri dari tiga kelas (D, E, dan F), dan jumlahnya adalah 84 siswa. Peneliti mengambil sampel siswi kelas dua (D) sebagai kelas eksperimen dan kelas dua (E) sebagai kelas kontrol pada tingkat MAS di Darul Ihsan Aceh Besar. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan metode Protege Effect efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami tata bahasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Utya Maulina Albar
Date Deposited: 16 Jan 2025 01:56
Last Modified: 16 Jan 2025 01:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41252

Actions (login required)

View Item
View Item