Rahmat Raji, 210202203 (2025) Penggunaan Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Isim Ghairu Munsharif Di Dayah Ruhul Falah Samahani. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penggunaan Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Isim Ghairu Munsharif Di Dayah Ruhul Falah Samahani]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rahmat Raji, 210202203, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, beberapa siswa kelas lima di Ma’had Ruhul Falah mengalami kesulitan dalam memahami ilmu nahwu secara menyeluruh, khususnya mengenai isim ghair munsharif. Sebagian siswa lainnya merasa bingung dalam menjelaskan materi tersebut. Hal ini disebabkan oleh proses pengajaran bahasa di Ma’had Ruhul Falah yang kurang menarik dan tidak efektif karena tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai serta metode pengajaran yang tepat. Akibatnya, siswa merasa bosan, kehilangan semangat belajar, dan tidak memperhatikan penjelasan guru. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti bertujuan untuk mengatasinya dengan menggunakan program perangkat lunak presentasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan program perangkat lunak presentasi dalam pengajaran isim ghair munsharif di Ma’had Ruhul Falah serta untuk mengetahui respons siswa terhadap penggunaan perangkat lunak tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain One Group Pre-Test Post-Test Design. Data lapangan dikumpulkan melalui tes untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam memahami isim ghair munsharif sebelum dan sesudah perlakuan, serta melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan program perangkat lunak presentasi dalam pengajaran isim ghair munsharif di Ma’had Ruhul Falah efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep ini. Hal ini dibuktikan oleh hasil Paired Sample Test, yang menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,01 (-2.sig tailed), lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan hipotesis nol (Ho) ditolak. Selain itu, respons siswa terhadap penggunaan media ini sangat positif, dengan hasil 100% respons positif dibandingkan 0% respons negatif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Rahmat Raji |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 03:44 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 03:44 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41269 |