Yumna Simehate, 200213008 (2025) Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Untuk Menangani Penyalahgunaan Smartphone di SMA Negeri 6 Takengon. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Untuk Menangani Penyalahgunaan Smartphone di SMA Negeri 6 Takengon]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi yumna simehate .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
![[thumbnail of Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Untuk Menangani Penyalahgunaan Smartphone di SMA Negeri 6 Takengon]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi yumna simehate - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Penyalahgunaan smartphone menyebabkan dampak negatif, seperti penurunan prestasi akademik, gangguan konsentrasi belajar, dan pelanggaran tata tertib sekolah. Ketergantungan penggunaan smartphone menyebabkan kurangnya respon siswa, interaksi sosial, siswa tidak produktif saat belajar. Tujuan penelitian untuk penggunaan smartphone siswa, peran guru bimbingan dan konseling menangani penyalahgunaan smartphone, faktor penyebab penyalahgunaan smartphone, dampak kecanduan penyalahgunaan smartphone di SMA Negeri 6 Takengon. Penelitian kualitatif pendekatan diskriptif ini memiliki subjek 6 orang yaitu 1 guru BK, 1 Guru Walikelas dan 4 orang siswa, instrument, pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, analisis data berupa reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian bahwa penggunaan smartphone siswa tergantung kebijakan sekolah, peran guru BK sangatlah penting menangani penyalahgunaan smartphone. Peran guru BK sudah cukup baik untuk mengurangi kebiasaan buruk siswa, guru BK sering menghimbau untuk memantau siswa agar tidak melanggar aturan dalam menggunakan smartphone. Faktor penyebab penyalahgunaan smartphone siswa merasa bosan dan jenuh saat guru menjelaskan pelajaran, berdampak kecanduan hal buruk seperti video dan gambar negatif. Upaya guru BK menangani penyalahgunaan smartphone membatasi penggunaan smarphone fokus pada aktivitas belajar, mendorong siswa beraktivitas sosial, memberikan motivasi untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Yumna Simehate Yumna |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 03:43 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 03:43 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41271 |