Hubungan antara Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa di MTsN 3 Banda Aceh

Nuraini, 200213010 (2025) Hubungan antara Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa di MTsN 3 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan antara Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa di MTsN 3 Banda Aceh] Text (Hubungan antara Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa di MTsN 3 Banda Aceh)
Nuraini (200213010),ai.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Hubungan antara Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa di MTsN 3 Banda Aceh] Text (Hubungan antara Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa di MTsN 3 Banda Aceh)
Nuraini (200213011),ai - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda tugas yang seringkali dilakukan oleh siswa. Faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik yaitu kurangnya pengaturan diri atau regulasi diri. Pada siwa MTsN 3 Banda Aceh terdapat siswa yang kurang meregulasi dirinya sehingga melakukan prokrastinasi akademik seperti mengumpulkan tugas melewati batas waktu, tidak mampu mengerjakan atau menyelesaikan tugas sendiri sehingga membutuhkan bantuan teman, siswa yang lebih menyukai kegiatan lain daripada belajar atau menyelesaikan tugas dan tidak mengumpulkan tugas tepat waktu dengan alasan terbebani tugas rumah yang banyak. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa MTsN 3 Kota Banda Aceh. Metode penelitian mengunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Sampel penelitian yaitu siswa MTsN 3 Kota Banda Aceh kelas IX3 sebanyak 31 siswa dan pengambilan sampel mengunakan teknik populasi sample. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri dan skala prokrastinasi akademik. Teknik analisis data mengunakan uji korelasi product moment, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik. Berdasarkan teknik analisis data disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik dengan nilai koefisien korelasi -0,513 dengan nilai signifikansi 0,003 (p < 0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nuraini Aini
Date Deposited: 16 Jan 2025 03:42
Last Modified: 16 Jan 2025 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41274

Actions (login required)

View Item
View Item