Darwin, 211002028 (2024) Model Pendidikan Akhlak dalam Mengatasi Praktik Bullying pada Siswa Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Pidie. Doctoral thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Membahas tentang model pendidikan akhlak]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Disertasi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
![[thumbnail of Membahas tentang model pendidikan akhlak]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Disertasi-1-51.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Pendidikan di Aceh belum sepenuhnya berhasil mencetak siswa yang berakhlak mulia. Insiden kekerasan dan praktik bullying masih sering terjadi, baik di sekolah umum maupun di lembaga pendidikan berbasis keagamaan seperti madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengidentifikasi model pendidikan akhlak di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Pidie yang efektif dalam mengatasi praktik bullying. Ada tiga fokus utama dalam penelitian ini: pelaksanaan pendidikan akhlak, efektivitasnya dalam menghadapi bullying, dan pengembangan model pendidikan akhlak untuk mengatasi bullying dalam konteks pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Pidie. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model deskriptif. Data primer dikumpulkan melalui survei, observasi, dan wawancara, sementara data sekunder diperoleh dari literatur yang relevan. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan akhlak di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Pidie belum efektif dalam mengatasi praktik bullying. Meskipun pendidikan akhlak menjadi fokus, tingginya insiden bullying menunjukkan perlunya model pendidikan yang lebih inovatif dan terintegrasi, yang melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk guru, orang tua, dan masyarakat. Penelitian ini juga mengidentifikasi bahwa dalam konteks Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Pidie, keteladanan dan pembiasaan yang konsisten dapat menjadi model pendidikan akhlak yang efektif untuk mengatasi praktik bullying. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun pendidikan akhlak telah terintegrasi dalam kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler, masih diperlukan penguatan dalam praktik untuk memberikan dampak yang lebih signifikan dalam pembentukan karakter siswa. Solusi efektif yang diusulkan adalah melalui keteladanan dan pembiasaan yang konsisten dalam praktik sehari-hari untuk mencapai perubahan perilaku yang signifikan dan mengurangi prevalensi bullying.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X5 Akhlak dan Tasawuf > 2X5.1 Akhlak |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Darwin Darwin |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 05:30 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 05:30 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41287 |