Istikhdamu Wasilatin Shuratin Mutasalsilatin Litarqiyati Maharatil Kitabati 'Inda Thalabah Bi MAN 2 Banda Aceh

Risa Ayunda, 200202032 (2025) Istikhdamu Wasilatin Shuratin Mutasalsilatin Litarqiyati Maharatil Kitabati 'Inda Thalabah Bi MAN 2 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Istikhdamu Wasilatin Shuratin Mutasalsilatin Litarqiyati Maharatil Kitabati 'Inda Thalabah Bi MAN 2 Banda Aceh] Text (Istikhdamu Wasilatin Shuratin Mutasalsilatin Litarqiyati Maharatil Kitabati 'Inda Thalabah Bi MAN 2 Banda Aceh)
flowchart.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Istikhdamu Wasilatin Shuratin Mutasalsilatin Litarqiyati Maharatil Kitabati 'Inda Thalabah Bi MAN 2 Banda Aceh] Text (Istikhdamu Wasilatin Shuratin Mutasalsilatin Litarqiyati Maharatil Kitabati 'Inda Thalabah Bi MAN 2 Banda Aceh)
flowchart - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pada observasi di kelas XI (1) di MAN 2 Banda Aceh peneliti menemukan bahwa ada beberapa siswa yang menghadapi masalah saat menulis yaitu penggunaan tanda baca, pemilihan kosa kata, serta kesulitan dalam menyusun kalimat. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu solusi untuk mengatasi permasalahannya, antara lain: penggunaan media Gambar Berseri dalam pengajaran Bahasa arab untuk mencapai tujuan pengajaran keterampilan menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan keefektifan guru dan siswa terhadap penggunaan media gambar berseri di MAN 2 Banda Aceh. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One Group Pretest Postest Design . Dalam mengumpulkan data peneliti menyajikan lembar observasi langsung dan pre test post test. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas XI MAN 2 Banda Aceh yang berjumlah 238 siswa. Adapun sample yang dipilih adalah kelas XI (1) dengan jumlah siswa 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis sangat baik, dan hasil observasi langsung terhadap aktivitas guru 95% dan kegiatan siswa 96% keduanya berkisar antara 51-100% dengan penilaian sangat baik. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa di MAN 2 Banda Aceh, peneliti menyatukan hasil uji (Paired Sample T-Test) dengan Tingkat signifikansi 0,000 Sig. (2-tailed) lebih kecil dari Tingkat signifikansi 0,05, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Risa Ayunda Risa
Date Deposited: 16 Jan 2025 03:45
Last Modified: 16 Jan 2025 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41339

Actions (login required)

View Item
View Item