Muhammad Hanif Abdillah Lubis, 200303008 (2025) Implementasi Metode Tafahhum, Takrār, Tasmi’ (3T) dan Muraja’ah (1M) dalam menghafal Al-Qur’an pada Rumah Qur’an Khadijah Kabupaten Bireuen. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Implementasi Metode Tafahhum, Takrār, Tasmi’ (3T) dan Muraja’ah (1M) dalam menghafal Al-Qur’an pada Rumah Qur’an Khadijah Kabupaten Bireuen]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FIKS Muhammad Hanif Abdillah Lubis 12345 yaks 2204.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
![[thumbnail of Implementasi Metode Tafahhum, Takrār, Tasmi’ (3T) dan Muraja’ah (1M) dalam menghafal Al-Qur’an pada Rumah Qur’an Khadijah Kabupaten Bireuen]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FIKS Muhammad Hanif Abdillah Lubis 12345 yaks 2204 - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi metode Tafahhum, Takrār, Tasmi’ (3T) dan Muraja’ah (1M) dalam menghafal Al-Qur’an di Rumah Quran Khadijah. Metode-metode ini dirancang untuk memfasilitasi proses menghafal dengan cara yang efektif dan efisien. Tafahhum (pemahaman) mengajarkan peserta untuk memahami makna ayat-ayat yang dihafal sebelum menghafalnya, sehingga dapat memperkuat ingatan. Takrār (pengulangan) dilakukan dengan cara mengulang-ulang ayat yang telah dipelajari agar tertanam lebih dalam dalam memori. Tasmi’ (pendengaran) dilakukan dengan cara mendengarkan bacaan Al-Qur’an dari penghafal lainnya untuk meningkatkan kemampuan dalam mengingat. Sementara itu, Murajaah merupakan langkah penting untuk memperkuat hafalan yang sudah ada, dengan cara mengulang hafalan secara berkala untuk menghindari lupa. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi di Rumah Quran Khadijah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode 3T dan 1M memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas hafalan peserta, baik dalam hal kecepatan menghafal maupun dalam pemahaman isi Al-Qur’an. Secara keseluruhan, kombinasi metode ini terbukti efektif dalam mempermudah proses menghafal dan menjaga konsistensi hafalan jangka panjang. Kata Kunci: Tafahhum, Takrār, Tasmi’, Muraja’ah, Menghafal Al-Qur’an, Rumah Qur’an Khadijah, Kualitas Hafalan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Depositing User: | Muhammad Hanif Abdillah Lubis |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 04:57 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 04:57 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41351 |